Dark Mode
Social Media
https://www.jmiot.org/wp-content/uploads/2021/06/hero_animation_poster_4K_Sharpened-1024x576.jpghttps://www.jmiot.org/wp-content/uploads/2021/06/74110cc0-cfa5-11eb-b7bf-97881cc5c9c4-1024x576.jpghttps://www.jmiot.org/wp-content/uploads/2021/06/uLKsdhdxTtePs762ZjKqqQ-1024x576.pngSoftware

1 komentar 272 viewoleh dalam Review, Software, Teknologi, Video

Pada press release hari ini 24 Juni 2021, Microsoft secara resmi mengumumkan bahwa Sistem Operasi Windows-nya akan mendapatkan update major. Dengan branding Windows 11 dan menyajikan berbagai macam fitur-fitur baru dan perbaikan di banyak lini yang tentunya akan semakin membuat nyaman para pengguna Windows kedepannya.

https://img.youtube.com/vi/E1kQVJBqolY/maxresdefault.jpg

Beberapa perombakan user interface, diantaranya disain baru Start Menu, perubahan window decoration dengan rounded corners, Icon taskbar yang sekarang rata tengah, tampilan Settings yang lebih tertata dan manusiawi, sampai dengan wallpaper yang bisa dibilang merupakan wallpaper bawaan Windows ter-apik dari pada versi-versi Windows sebelumnya. Perubahan-perubahan UI ini membuat layar tatap muka Windows 11 menjadi lebih segar dan rapih.

Dibagian fitur, Windows menyajikan fitur-fitur baru yang sangat menarik, salah satu yang paling membuat penasaran adalah dukungan untuk menjalankan aplikasi Android secara native 😍.

Berikut adalah beberapa catatan yang bisa dirangkum dari apa yang sudah diumumkan oleh Microsoft tentang Windows 11 dalam press release (Hal-hal berikut bisa saja berubah pada waktu rilis):

Start Menu dan Taskbar

Start Menu baru lebih simpel dan manusiawi dengan dihilangkannya Live Tiles yang mungkin Kita bisa sama-sama setuju fitur ini hampir tidak ada gunanya.

Tampilan Start Menu dan Desktop Windows 11

Start Menu pada Windows 11 hanya menampilkan Icon-icon aplikasi yang di pinned, dan rekomendasi dokumen, selebihnya tampilan profil dan tombol power, sangat simpel dan tidak terlalu berdesakan. Untuk melihat semua aplikasi, bisa dilakukan dengan mengklik tombol All apps.

Ukuran taskbar sekarang lebih tinggi untuk memfasilitasi penggunaan touch screen, secara default posisi icon taskbar rata tengah, tetapi masih bisa di atur agar rata kiri pada pengaturan. Tetapi kali ini Kita tidak dapat memindahkan posisi taskbar ke kiri, kanan atau atas layar, posisi taskbar akan selalu berada di bawah layar.

Widgets, Desktop Workspace, Settings dan Fungsionalitas

Windows 11 memiliki fitur Widgets yang dikabarkan akan mendukung widgets pihak ketiga. Mugkin widgets ini bisa jadi pengganti live tiles yang dapat memiliki informasi yang lebih lengkap dengan tampilan yang menawan. Task View sekarang lebih fokus untuk fungsionalitas dibandingkan pada Windows 10 yang berantakan karena adanya tampilan history dan hal-hal lainnya yang mengganggu. Selain itu fungsi snap dan pengaturan window juga semakin tepat guna, seperti hover pada tombol maximize/restore akan menampilkan layout snap yang diinginkan.

Dan untuk Settings, silahkan review sendiri dari gambar di bawah ini.

https://www.jmiot.org/wp-content/uploads/2021/06/windows-11-widgets-dashboard-ui.jpghttps://www.jmiot.org/wp-content/uploads/2021/06/Windows-11-Task-View.jpghttps://www.jmiot.org/wp-content/uploads/2021/06/E4qvdm3VEAETGd8.jpg

Aplikasi Android

Aplikasi-aplikasi Android dapat berjalan secara native pada Windows 11, dan bisa didapatkan melalui Windows Store terbaru. Dengan fitur ini, maka akan aplikasi-aplikasi mobile yang ada di Android dapat digunakan juga pada PC yang tentunya dapat mempermudah penggunaan gadget karena Kita tidak perlu lagi bolak-balik menggunakan PC dan Smartphone hanya untuk cek pada aplikasi yang hanya ada di Android.

https://www.jmiot.org/wp-content/uploads/2021/06/windows-11-android-store-tiktok.jpghttps://www.jmiot.org/wp-content/uploads/2021/06/7JTO7hJ.0-1.jpg

Catatan Lainnya

  • Gaming mendukung Auto HDR, DirectStorage a la PS5 🤣, Xbox Game Pass, dan Cross play and Cross save.
  • Update Performa dan penggunaan batrai, wake up dari sleep yang lebih cepat dan biometric authentication yang lebih responsif.
  • Touch Keyboard baru, gesture untuk touchscreen, support untuk pen yang lebih baik, dan update voice recognition.
  • Microsoft Teams akan di bundle secara default 🤔.
  • Yang dihilangkan: Cortana, Skype, Live Tiles 😎.
  • Hal lainnya yang mungkin terlewat.. 😁

Spesifikasi Hardware Minimal Windows 11

Bila Windows 10 memiliki spesifikasi yang identik dengan Windows 8, pada Windows 11 terdapat beberapa perubahan spesifikasi hardware minimal sebagai berikut:

  • 1 GHz dual-core processor harus 64 bit
  • 4GB RAM
  • 64 GB storage
  • UEFI, Secure Boot capable
  • TPM 2.0
  • DirectX 12 compatible graphics with WDDM 2.0 driver
  • 720p display

Update Gratis untuk Pengguna Windows 10

Microsoft telah secara resmi menyatakan bahwa pengguna Windows 10 dapat melakukan update ke Windows 11 secara gratis. 🥰.

Penutup

Mungkin itu saja bahasan tentang pengumuman resmi Microsoft tentang Windows 11 yang penulis informasikan dikarenakan adanya rasa penasaran dan ketertarikan pada update Windows 11 ini.

Terima Kasih dan Sampai Jumpa lagi pada posting-posting lainnya.

Mobile Reader Development – Part 1

https://www.youtube.com/watch?v=Khd7TJZJI4A Untuk menunjang kebutuhan IoT Lab Jasa Marga dalam peningkatan keterampilan dan pengetahuan personil developer Selengkapnya

Framebuffer – Bagaimana Komputer Menampilkan Gambar di Layar

Framebuffer & VGA Interface dengan Microcontroller Kita coba bernostalgia dengan pemrograman jaman dahulu yang sebenarnya Selengkapnya

Deployment Ruas Tol JORR2: Cinere-Serpong dan Kunciran-Cengkareng

Pada bulan April ini tim peralatan tol IOT Lab Jasa Marga diberikan amanat untuk melakukan Selengkapnya

Javascript: Mulai manfaatkan localStorage

Fitur localStorage pada Javascript telah didukung dari sejak lama, tapi penggunaannya masih tergolong jarang sekali Selengkapnya

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Wahyu Nur Cahya
Wahyu Nur Cahya
27 days ago

Ilmu pengetahuan dan teknologi harus menjadi wadah untuk kemajuan perusahaannya agar perusahaannya kualitas dan kuantitas.oleh karena itu kita harus belajar di dalam mengembangkan teknologi dan ide-ide yang bermutu agar ke depannya kita bisa menciptakan apa yang kita raih…. semangat..